CEGAH CACINGAN PADA ANAK

Dilihat : 895 Kali, Updated: Selasa, 28 Pebruari 2023
CEGAH CACINGAN PADA ANAK

 

PEKUNCEN – Penyakit cacingan bisa dialami oleh anak-anak, tapi juga oleh balita. Penyakit ini lebih banyak terjadi pada orang yang tinggal di lingkungan dengan sanitasi buruk atau tidak menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Cacingan terkadang bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali. Walaupun bergejala, penyakit ini biasanya menyebabkan keluhan yang tidak khas dan bisa mirip dengan penyakit lain.

Kepala Puskesmas Pekuncen II Edi Hartono, SKM.,MM mengatakan bahwa Secara umum, gejala cacingan adalah berupa sakit perut, diare, mual dan muntah, tidak nafsu makan, hingga penurunan berat badan. Apabila tidak diobati dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berat, seperti anemia.

Cacingan pada balita juga dapat menyebabkan terganggunya penyerapan zat-zat gizi di usus halus sehingga balita dapat mengalami pertumbuhan atau stunting” tambahnya.

Islamiati Putri Amalia, S.Gz selaku Ahli Gizi Puskesmas Pekuncen II juga menambahkan bahwa untuk mencegah Cacingan yang dapat menyebabkan stunting maka caranya salah satunya dengan menyimpan daging mentah dan ikan dengan baik, kemudian masak hingga matang, cuci sayur dengan benar sebelum dikonsumsi.

cegah cacingan pada anak dengan cara pemberian obat Cacing setiap 6 bulan sekali” pungkasnya. (nip)

 

Komentar