KEGIATAN GERMAS DESA PASIRAMAN KIDUL

Dilihat : 471 Kali, Updated: Senin, 08 Juli 2024
KEGIATAN GERMAS DESA PASIRAMAN KIDUL

Skrining Kesehatan

Sebelum dilakukan kegiatan senam bersama, peserta yang hadir dilakukan pengukuran tekanan darah dan cek gula darah sewaktu (GDS) oleh petugas kesehatan dari bidan desa, petugas Puskesmas Pekuncen II serta kader Cerdik. Peserta terdiri dari Kepala Desa Pasiraman Kidul dan perangkatnya, Ketua FKD dan pengurusnya, kader kesehatan serta masyarakat Desa Pasiraman Kidul. Hasil pemeriksaan tidak ditemukan tanda-tanda/gejala yang dapat membahayakan, kegiatan dapat dilanjutkan. Kegiatan tersebut masuk dalam kluster deteksi dini penyakit dalam Germas.

Senam Bersama

Senam bersama dilakukan di Lapangan Dewa Kembar, Desa Pasiraman Kidul dengan iringan musik senam aerobik yang dipimpin oleh kader Cerdik selama kurang lebih 45 menit. Gerakan senam terdiri dari pemanasan, gerakan inti serta pendinginan. Kegiatan tersebut masuk dalam kluster aktivitas fisik dalam Germas.

 

Makan Snack Menu Germas

Setelah senam bersama, peserta beristirahat dan menikmati snack bersama. Kegiatan tersebut masuk dalam kluster pangan sehat dan perbaikan gizi dalam Germas.

 

Pemilahan Sampah

Sebelum kegiatan diakhiri masih dalam rangka kegiatan Germas, peserta diajak untuk memilah sampah dari snack yang didapat yaitu dipisahkan antara sampah organik (sisa makanan) dan anorganik (plastik). Kegiatan tersebut masuk ke dalam kluster kesehatan lingkungan.

 

Penutup

Kegiatan selesai dan berjalan lancar, Kepala Desa Pasiraman Kidul dan Ketua FKD menyampaikan untuk kegiatan senam Bersama dalam rangka Germas tersebut untuk dapat diikuti secara rutin.

Komentar